cek

BERITA


WORKSHOP PENYUSUNAN ASESMEN SMK NU 1 KEDUNGPRING


Kedungpring, 5 September 2023 telah diadakan Workshop Penyusunan Asesmen di SMK NU 1 Kedungpring. Dalam rangka  pelaksanaan Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran  2023/2024 SMK NU 1 Kedungpring mengadakan  Workshop.  Salah satunya adalah  Workshop Penyusunan Asesmen. Yang mana Asesmen merupakan salah satu bagian dari proses pembelajaran . Nara sumber adalah  Bapak Setio Wawan Adiatma, SH, M.Pd (Wakil Ketua PGRI SLCC Provinsi Jawa Timur). Workshop ini dibuka oleh Bapak Muhammad Bahtiar Adityas, S.Kom, MM selaku Kepala SMK NU 1 Kedungpring. Peserta dari seluruh Pendidik SMK NU 1 Kedungpring  sangat antusias .karena dengan berbagai metode pneyampaian sehingga peserta mengikuti dengan seksama dan dilanjutkan dengan diskusi yang berisi mengenai asesmen .Dari hasil workshop dapat disimpulkan salah satunya adalah model asesmen kurikulum merdeka.

Model asesmen kurikulum merdeka memiliki beberapa model yang dapat pendidik implementasikan dalam proses pembelajaran, yang meliputi asesmen dignostik, asesmen formatif, dan juga asesmen sumatif. Berikut merupakan deskripsi model-model dari asesmen pada kurikulum merdeka belajar yang dapat menjadi referensi bacaan bagi pendidik.

1. Model Asesmen Diagnostik

Asesmen diagnostik merupakan asesmen kurikulum merdeka yang secara spesifik berguna dalam rangka melakukan identifikasi terhadap kompetensi, kekuatan, dan juga kelemahan peserta didik, sehingga pendidik dapat merancang pembelajaran sesuai dengan kompetensi dan juga kondisi dari peserta didik.
Peserta didik yang perkembangan atau hasil belajarnya paling tertinggal berdasarkan hasil Asesmen Diagnostik, diberikan pendampingan belajar secara khusus. Pada implementasinya, salah satu model asesmen kurikulum merdeka ini, bisa pendidik selenggarakan pada awal tahun ajaran, kemudian pada awal lingkup materi, pada awal pembelajaran, ataupun sebelum menyusun pembelajaran secara mandiri.
Model asesmen diagnostik terdiri dari asesmen diagnostik non kognitif yang bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi dan sosial emosi peserta didik, gaya belajar, aktivitas peserta didik selama belajar dirumah, serta kondisi keluarga peserta didik.
Selanjutnya terdapat asesmen diagnostik kognitif yang bertujuan untuk mengidentifikasi capaian kompetensi peserta didik, menyesuaikan pembelajaran dikelas dengan kom petensi rata-rata peserta didik, memberikan kelas remedial atau pelajaran tambahan pada peserta didik yang nilainya berada pada rata-rata bawah.
Dalam penyusunannya, asesmen diagnostik memiliki beberapa teknik yang meliputi tes terlulis, wawancara, observasi, dan juga praktik. Instrumen asesmen dignostik terdiri dari instrumen soal tes tertulis, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan juga pedoman penilaian praktik.

2. Model Asesmen Formatif

Metode penilaian digunakan untuk menilai pemahaman siswa, kebutuhan belajar, dan kemajuan dalam proses pembelajaran. Penilaian formatif memantau pembelajaran siswa dan memberikan umpan balik yang teratur dan berkelanjutan. Bagi siswa, penilaian formatif bertujuan untuk membantu siswa mengidentifikasi kekuatan dan untuk pengembangan.

Bagi guru dan sekolah, penilaian formatif dimaksudkan untuk memberikan informasi tentang tantangan yang dihadapi siswa selama pembelajaran berbasis proyek sehingga dukungan yang memadai dapat diberikan. Penilaian formatif dapat diberikan oleh guru, teman atau diri sendiri.
Model asesmen formatif pada kurikulum merdeka belajar berguna bagi pendidik dalam hal mengawasi pembelajaran dari peserta didik, memastikan perkembangan peserta didik, serta mengecek pemahaman peserta didik.
Selain bermanfaat bagi pendidik, model asesmen ini juga bermanfaat bagi peserta didik dalam hal melakukan evaluasi pembelajaran terhadap diri sendiri, membangun pengetahuan, melakukan identifikasi kekuatan serta kelemahan, juga dapat meningkatkan kemampuan diri.

3. Model Asesmen Sumatif

Metode evaluasi atau asesmen kurikulum merdeka ini dapat pendidik lakukan pada akhir pelajaran. Penilaian sumatif seringkali dinilai tinggi karena mempengaruhi nilai akhir siswa, sehingga siswa sering diberikan preferensi daripada penilaian formal.

Umpan balik dari penilaian akhir (ringkasan) ini dapat digunakan untuk mengukur kemajuan siswa untuk memandu guru dan sekolah dalam merancang kegiatan mereka untuk proyek berikutnya.

Manfaat model asesmen kurikulum merdeka belajar yang berupa asesmen sumatif dapat bermanfaat bagi pendidik yang meliputi membantu pendidik dalam melakukan pengukuran terkait apakah peserta didik telah memenuhi capaian pembelajaran ataupun sejauh mana peserta didik telah mencapai akhir dari unit pembelajaran, kemudian juga dapat meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya.
Asesmen sumatif juga berguna pada peserta didik, yakni dalam hal memahami performa di akhir unit pembelajaran, memahami apakah dirinya sudah memenuhi capaian pembelajaran dan sejauh mana sudah mencapai akhir dalam unit pembelajaran.

Selain itu untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun soal juga disisipkan cara Penyusunan Soal HOTS oleh Narasumber ( Bapak Setio Wawan Adiatma, SH, M.Pd). Beliau menyampaikan bahwa tingkat kesulitan dan proses berpikir merupakan 2 hal yang berbeda, maka jangan disamakan. "Soal yang mengukur ingatan bisa mudah dan bisa sulit, begitu juga dengan berpikir tingkat tinggi bisa mudah dan bisa juga sulit. Dua hal yang harus digarisbawahi: Soal HOTS tidak selalu sulit, soal mengingat tidak selalu mudah. Soal berbasis HOTS tidak selalu lebih sulit dari soal mengingat", ungkapnya. Selain itu, Bapak Setio Wawan Adiatma, SH, M.Pd menjelaskan tentang latar belakang, konsep penilaian, karakteristik soal HOTS, langkah-langkah menyusun soal HOTS, prinsip penyusunan instrumen soal HOTS, serta memberikan contoh soal HOTS. Semoga dengan mengikuti workshop ini dapat menambah wawasan kita dalam membuat soal HOTS

Demikian kegiatan Workshop Penyusunan Pembelajaran dan Asesmen

Semoga bermanfaat

Penulis adalah Peserta Workshop

Wakasek Kurikulum SMK NU 1 Kedungpring

Linawati, S.Kom

 

PENCARIAN

PPDB SMK NU 1 KEDUNGPRING TP. 2023-2024

SEKILAS INFO

KOMENTAR

Sistem Pengumuman Kelulusan Online

JEJAK PENDAPAT

Apakah web site ini bagus ?

  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Kurang Menarik
  Tidak Menarik

  Hasil Polling

SMK NU 1 KEDUNGPRING

Pembelajaran Berbasis Edmodo Class

KALENDER

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30