cek

MEDIA CENTER SMK NU 1 Kedungpring


Pemeriksaan Kadar Hb dan Pembagian Tablet Fe Pada Remaja Putri di SMK NU 1 Kedungpring Oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Dradah Kedungpring

Kedungpring– Pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) di SMK NU 1 Kedungpring digelar pada hari Senin, 20 Maret 2023. Kegiatan dilaksanakan oleh Puskesmas Dradah Kecamatan Kedungpring yang bertujuan untuk mengetahui status anemia pada remaja putri (rematri) di SMK NU 1 Kedungpring. 

Kegiatan ini melibatkan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang dalam hal ini dihadiri oleh Bpk Khoirul Huda, S.Pd. SH. selaku ketua UKS SMK NU 1 Kedungpring Juga Wakasek Humas dan diikuti oleh remaja putri dari kelas XAK, XDKV,  XTKJ..Hasil pemeriksaan didapatkan sebanyak 20% remaja putri mengalami anemia dari total 80 anak yang dijadikan sampel.

Dilansir dari laman WHO, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Hemoglobin diperlukan untuk membawa oksigen dan jika sel darah merah terlalu sedikit atau abnormal, maka akan terjadi penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, pusing, sesak napas, pucat, dan lain sebagainya.

Selain itu, anemia pada remaja putri  juga bisa berdampak dalam penurunan prestasi di sekolah dan berisiko mengalami anemia saat kehamilan, sehingga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan janin yang tidak optimal serta dapat menyebabkan komplikasi dalam persalinan seperti perdarahan, melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), atau bahkan terjadi kematian pada  ibu dan anak.

Anemia memang kerap kali diderita oleh remaja putri yang termasuk ke dalam Wanita Usia Subur (WUS). WUS adalah wanita yang memiliki usia dari rentang 15-49 tahun. Hal ini disebabkan karena adanya siklus menstruasi yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Tidak hanya itu, penyebab lain juga bisa bersumber dari tidak terpenuhinya asupan zat besi dalam tubuh yang dapat diperoleh melalui protein hewani seperti daging, ikan, atau hati ayam.

Mengingat masih tingginya persentase anemia pada remaja putri di SMK NU 1 Kedungpring yang mencapai 20%, pihak puskesmas juga memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) sebagai asupan zat besi tambahan.

Pemberian TTD ini juga merupakan bentuk dari implementasi Surat Edaran Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Nomor HK.03.03/V/0595/2016 tentang Pemberian Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur, pemberian TTD pada remaja putri yang dilakukan melalui UKS/M di institusi Pendidikan (SMP dan SMA atau yang sederajat) dengan menentukan hari minum TTD bersama. Dosis yang diberikan adalah satu tablet setiap minggu selama sepanjang tahun.


Sumber:

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi Remaja Putri. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

WHO. “Anaemia”. https://www.who.int/health-topics/anaemia#tab=tab_1. WHO. Diakses pada 20 Maret 2023

PENCARIAN

PPDB SMK NU 1 KEDUNGPRING TP. 2023-2024

SEKILAS INFO

KOMENTAR

Sistem Pengumuman Kelulusan Online

JEJAK PENDAPAT

Apakah web site ini bagus ?

  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Kurang Menarik
  Tidak Menarik

  Hasil Polling

SMK NU 1 KEDUNGPRING

Pembelajaran Berbasis Edmodo Class

KALENDER

Juni 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30